MITRA

Iklan Mobil Bekas

BISNIS TAMBAHAN

We can check your plugins and stuff

Jumat, 22 Januari 2010

Polisi China Stop Kontes Gay

 
Kontes gay yang dhientikan (Foto: BBC)
BEIJING - Sebuah acara kontes gay di China dihentikan oleh pihak Kepolisian, saat acara tersebut baru berjalan selama satu jam. Kontes bertajuk "Mr.Gay China" ini diadakan pertama kalinya di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Kontes Mr.Gay China sekiranya diadakan untuk menandakan keterbukaan China atas komunitas pencinta sesama jenis di negeri itu. Selain itu pemenang kontes ini nantinya akan dikirim ke kontes serupa bertaraf internasional di Norwegia bulan depan.

Tak pelak, penghentian kontes perdana tersebut membuat sebagian besar kontestan serta panitia merasa kecewa. Polisi China sendiri beralasan jika acara ini dihentikan karena pihak panitia tidak merampungkan perizinan yang seharusnya dipenuhi.

"Ini sebuah bencana, saya merasa kecewa. Kami kira Pemerintah China sudah menunjukan toleransinya atas komunitas gay," ucap seorang kontestan Jiang Bo, seperti dikutip Reuters, Sabtu (16/1/2010).

Pihak panitia yang diwakili Ben Zhang sebelumnya mengharapkan jika acara ini dapat membuka pengertian warga China atas komunitas di negara tersebut. Sementara Hakim weng Xiaogang yang diminta keterangan atas penghentian kontes ini menuturkan, "Penghentian kontes saya kira berhubungan dengan isu homoseksualitas."

Kaum homoseksualitas hingga 1997 lalu dianggap ilegal di China, hingga pada 2001 aturan tersebut dibatalkan, dengan menyebutkan jika homoseksualitas merupaka sebuah penyakit kejiwaan.

Sebelumnya pada Juni tahun lalu Pemerintah China pernah juga menghentikan sebuah acara Parade Gay di Beijing. Saat itu, polisi sempat menghentikan dua sesi acara tersebut. Panitia juga sempat diberikan ancaman hukuman, kalau nekat meneruskan acara kontroversial itu. (faj)(rhs)

Tidak ada komentar: