MITRA

Iklan Mobil Bekas

BISNIS TAMBAHAN

We can check your plugins and stuff

Senin, 07 Desember 2009

Kisah Manusia Yang Membangun Terowongan Demi Sebuah Parkiran Mobilnya


Ilustrasi
Di mana ada kemauan di situ ada jalan. Pepatah ini pas untuk menggambarkan tekad seorang pria desa dari India.
Ramchandra Das (53), nama pria itu, menggunakan palu dan memahat selama 14 tahun untuk membangun sebuah terowongan yang menembus pegunungan sehingga dia dapat memarkir truknya di depan rumahnya. “Saya tidak dapat memarkir truk saya dekat dengan rumah karena pengunungan menghalangi jalan saya,” kata Das yang tinggal di wilayah Gaya, di timur negara bagian Bihar, kepada Reuters, Selasa (1/12).
Das mengatakan, dia takut pencuri membawa kabur truknya. Ketakutan itulah yang mendorongnya untuk membangun terowongan sendirian setelah pemerintah menolak membantunya. “Saya harus meninggalkan truk saya beberapa mil jauhnya dari rumah maka saya memutuskan untuk melakukan sesuatu,” kata Das melalui telepon.
Penduduk desa yang harus berjalan bermil-mil mengelilingi pegunungan untuk mencapai ladang juga menggunakan terowongan selebar 4,5 meter itu. Mereka memuji Das atas karya besar itu. “Kami jarang menemui seorang pria yang dapat bekerja begitu keras untuk mencapai tujuannya,” kata Prabhat Kumar Jha, seorang pejabat pemerintah lokal. Kompas.com

Tidak ada komentar: